Saturday, December 19, 2020

Mengatasi Jemu Penerbangan Jarak Jauh

Masa Tempuh lebhi dari 16 jam Jakarta - Amsterdam di tambah masa tunggu 4 jam untuk penerbagan lanjutan menuju Belin memang bisa menjemukan. Apakah yang bisa dilakukan selama perjalanan ?

Penerbangan di kelas ekonomi memang serba salah untuk mencari posisi tidur yang tepat, karena tetap saja tidur pada posisi duduk. Memang bantalan leher yang dibawa bisa sedikit mengurangi kaku leher atau kaca mata tidur yang dibagikan dapat sedikit membantu. Paling tidak tiga hal, menyumpal telinga untuk mengurangi deru mesin, menutup mata dengan kain (kacamata) tidur, dan bantalan leher. Lumayan.

Bagi yang tidak tahan dingin, selimut tipis yang dibagikan kurang membantu. Tetap juga perlu baju hangat, dan kaos kaki.

Untuk tubuh dengan tinggi 154 cm..kaki masih bisa diluruskan dan digerak2an untuk  olah raga kaki. Jelas sepatu perlu dilepas untuk mengurangi tekanan pada telapak kaki.

Kursi yang menyenangkan bagi saya yang suka ke toilet adalah kursi di gang dan beberapa baris dari toilet, sehingga jauh-jauh dipesan dulu kursi dimaksud lewat web penerbangan dimaksud. Menggunakan KLM, atau QR pada penerbangan sebelumnya selalu  dapat kursi hanya beberapa baris dari toilet dan dapur, sehingga bolak-balik ke toilet tidak akan mengganggu penumpang yang duduk di sebelah. Mau berdiri di dapur sambil 'ngolet' bisa. Merasa haus ingin tambah air putih juga bisa.

Perjalanan sendiri tentu perlu disiasati. Mengajak bicara tetangga sebelah ? belum tentu mau karena berbeda budaya dan bangsa yang barangkali tidak senang mengobrol. Beberapa yang bisa dilakukan :

1. Menghabiskan waktu dengan memanfaatkan fasilitas entertainment yang tersedia seperti menonton film, mendengarkan musik

2. Membaca buku yang dibawa atau membaca dari ipad

3. Bekerja di laptop. Barangkali lumayan bisa menyelesaikan yang tertunda

4. Tidur .

5. Merajut ?


No comments:

Post a Comment